PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP PENJUALAN ANEKA SWALAYAN DI SIMO BOYOLALI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh secara parsial maupun simultan dengan variabel produk, harga, tempat dan promosi terhadap penjualan Aneka Swalayan di Simo Boyolali. Sampel penelitian ini adalah konsumen yang berkunjung atau konsumen yang datang membeli produk di Aneka Swalayan dengan teknik accidental sampling jumlah sampel sebanyak 100 renponden. Pada penelitian ini teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Secara parsial variabel produk, harga, tempat dan promosi berpengaruh secara signifikan terhadap penjualan Aneka Swalayan di Simo Boyolali. Hasil penelitian uji-F yaitu F hitung sebesar 16,037 > F tabel sebesar 0,195 pada tingkat signifikasi 0,000 < 0,05, sehingga menunjukan variabel produk, harga, tempat dan promosi secara simultan berpengaruh terhadap penjualan Aneka Swalayan. Hasil perhitungan koefisen diterminasi (R2) yaitu 0,403 hal ini menunjukan bahwa besarnya pengaruh marketing mix (bauran pemasaran) terhadap penjualan Aneka Swalayan di Simo Boyolali sebesar 40,3%, sedangkan 59,7% dipengaruh variabel diluar penelitian seperti peningkatan penjualan, kepuasan konsumen dan keputusan pembelian konsumen.
Copyright (c) 2022 EKOBIS : Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.