PENGARUH TAKTIK PEMASARAN LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN TERHADAP KEPUASAN PESERTA KURSUS PADA LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN BY ANDINI KEC. CEPOGO, KAB. BOYOLALI
DOI:
https://doi.org/10.36596/ekobis.v11i1.628Keywords:
Produk, Harga, Lokasi, Promosi, Kepuasan Peserta KursusAbstract
Penelitian ini bertujuan sebagai analisa solusi pada rumusan masalah yang meliputi: bagaimana pengaruh pilihan program (product), penentuan harga (price), penentuan lokasi (place) dan pengaruh promosi (promotion) terhadap kepuasaan peserta kursus di LKP By Andini Kec. Cepogo, Kab. Boyolali. Populasi dalam penelitian ini para peserta kursus dan alumni peserta kursus pada LKP tahun 2020/2021. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif berupa teknik pengumpulan data dengan instrumen kuisioner (skala likert), observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling, yaitu pengambilan sampel secara acak dengan jumlah sampel 92 responden. Hasil dari data yang dikumpulkan diolah dengan program SPSS For Windows. Berdasarkan olah data pada penelitian ini menunjukan bahwa : pengaruh Taktik pemasaran (X) yang terdiri dari variabel produk (X1), harga (X2), lokasi (X3), promosi (X4) secarabersama–samamemilikipengaruh terhadap kepuasan peserta kursus (Y).